Monday 7 July 2014

Cara membuka pintu rezeki

pintu rezeki dari allah swt

Allah SWT dan Rasul-Nya telah memerintahkan kita untuk mencari rezeki yang
halal dan baik,tentunya dengan cara berusaha yang halal dan baik pula.
Namun disamping itu Allah SWT dan Rasul-Nya telah memberi jalan kepada kita dengan
dibukanya pintu-pintu rezeki yang tentu saja tanpa meninggalkan usaha.
Allah SWT yang telah menciptakan dan menanggung rezeki semua makhluk-Nya



Tidak sedikit dari kalangan manusia ini yang mencari rezeki dengan cara yang diharamkan Allah SWT.
Banyak yang tidak lagi peduli terhadap larangan Allah SWT dan Rasul-Nya.
Mereka tidak bisa lagi membedakan mana yang halal dan mana yang haram karena akal sehatnya sudah
tidak dapat lagi berfungsi lantaran nafsunya terhadap dunia,mereka mengira rezeki hanya berupa
harta,uang,mobil,gadget atau rumah

Padahal rezeki Allah SWT sangat luas.Rezeki Allah SWT ada beberapa bentuk seperti ilmu pendidikan,rezeki berupa
pekerjaan dan bisnis,rezeki berupa anak dan istri yang saleh dan salehah,dan lainnya.Berikut ini
sebagian cara agar dapat membuka pintu rezeki dari Allah SWT :
  1. Istighfar dan Taubat. Nabi Nuh berkata pada kaumnya : "maka aku katakan kepada mereka,mohon ampunlah kepada Rabb-mu, sesungguhnya Dia Maha Pengampun,niscaya Dia akan menurunkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan aknak-anakmu dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) sungai-sungai". (QS.Nuh:10-12)
  2. Taqwa. Allah SWT berfirman,"Barang siapa yang bertaqwa kepada Allah,niscaya dia akan mengadakan jalan keluar baginya dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya".(QS.Ath-Thalaq:2-3)
  3. Berserah diri ( Tawakal ) pada Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda, "Sungguh,seandainya kalian bertawakal pada Allah dengan sebenar-benar tawakal,niscaya kalian akan di beri rezeki sebagaimana rezeki burung-burung.Mereka berangkat pagi dengan perut lapar,dan pulang sore hari dalam keadaan kenyang".(HR.Ahmad,Tirmidzi)
  4. Beribadah sepenuhnya kepada Allah semata. Rasullullah SAW bersabda,"Sesungguhnya Allah berfirman :"Wahai anak adam, beribadahlah sepenuhnya kepada-Ku,niscaya aku penuhi dadamu dengan kekayaan dan Aku penuhi kebutuhanmu.(Dan) jika kalian tidak melakukannya,niscaya Aku penuhi tanganmu dengan kesibukan dan tidak Aku penuhi kebutuhanmu".(HR.Ahmad,Tirmidzi)
  5. Menyambung tali silaturrahim. Rasulullah SAW bersabda,"Barang siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan di panjangkan umurnya,hendaklah ia menyambung tali persaudaraan (Silaturrahim)."(HR.Bukhari)
  6. Berinfak di jalan Allah SWT. Allah berfirman, "Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan ,maka Allah akan menggantinya.Dialah sebaik-baiknya Pemberi rezeki". (QS.Saba:39)
  7. Memberi nafkah kepada orang yang menuntut ilmu. Anas bin Malik berkata :"Dulu ada orang bersaudara pada masa Rasulullah SAW. Salah seorang mendatangi (menuntut ilmu) pada Rasulullah,sedangkan yang lainnya bekerja.Lalu saudaranya yang bekerja itu mengadu kepada Rasulullah (lantaran ia memberi nafkah kepada saudaranya itu), maka beliau bersabda : "mudah-mudahan engkau diberi rezeki dengan sebab dia".(HR.Tirmidzi)
  8. Berbuat baik kepada orang-orang. Mush'ab bin Sa'd berkata,bahwasannya Sa'd merasa dirinya memeiliki kelebihan daripada orang lain, maka Rasulullah SAW bersabda : "Bukankah kalian ditolong dan diberi rezeki lantaran orang-orang lemah diantara kalian?".(HR.Bukhari)
  9. Hijrah di jalan Allah SWT. Allah SWT berfirman, "Barangsiapa berhijrah di jalan Allah,niscaya mereka akan mendapati di muka bumi ini tempat hijrah yang luas dan rezeki yang banyak".(QS.An Nissa: 100)
  10. Bekerja dengan jujur,ikhlas dan profesional. Bekerjalah dengan tekun dan berdoalah kepada Allah SWT agar terus membuka pintu rezeki yang halal dan dijauhkan dari rezeki yang haram. Jaga hubungan dengan rekan kerja dan tolak suap apapun, hindari korupsi demi surga yang kekal.Setahun,dua Tahun hingga tahun-tahun ke lima adalah perjuangan yang cukup berat,bersabarlah dan teruslah fokus bahwa Allah SWT sebagai tujuan.Insya Allah akan diberikan jalan yang baik



No comments:

Post a Comment