Tuesday 22 July 2014

Pahala sedekah berlipat ganda

sedekah akan membuat kita mendapat uang berlipat ganda
Allah menganugerahkan kepada orang yang berkata baik, bersedekah,berpuasa dan solat di kala kebanyakan manusia tertirur (HR.At-Tirmidzi)

Ramadan adalah bulan istimewa bagi umat islam yang beriman di seluruh dunia. Di bulan suci ini nilai ibadah mendapat pahala seribu kali lipat dibandingkan dengan 11 bulan lainnya. Maka dari itu kedatangan bulan ramadhan setiap tahunnya selalu dinantikan umat islam yang beriman. Karena banyak sekali keutamaan yang didapatkan di bulan Ramadhan ini



Banyak pahala di berikan dan ampunan Allah SWT berterbaran memenuhi setiap ruang dan waktu. Maka seseorang yang menyadari kurangnya bekal di akhirat kelak, akan merasa bahagia menyambut bulan ramadhan.

Nah, salah satu ibadah yang dianjurkan Allah SWT di bulan ramadhan adalah sedekah. Orang yang bersedekah di bulan ramadhan akan dilipatgandakan pahalanya 10 sampai 700 kali lipat. Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya Allah itu maha memberi, Ia mencintai pemurah serta akhlak yang mulia,Ia membenci akhlak yang buruk." (HR.al-Baihaqi)

Hadist di atas juga kita bisa petik hikmahnya bahwa islam sangat membenci sifat pelit dan bakhil, serta sifat suka meminta-minta. Tetapi sebaliknya seorang mukmin itu harus banyak memberi dan pemurah. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, "Tangan yang di atas lebih baik dari tangan di bawah." (HR.Bukhari)

Allah SWT memberikan pahala yang berlipat ganda dan memuliakan kaum yang bersedekah. Ada banyak keutamaan bersedekah, diantaranya:
  1. Sedekah dapat menghapus dosa.Rasulullah SAW bersabda, "Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api." (HR.Tirmidzi)
  2. Orang yang bersedekah akan mendapatkan naungan di hari akhir. Rasulullah SAW menceritakan tentang 7 jenis manusia yang mendapat naungan di suatu hari yang ketika itu tidak ada naungan selain dari Allah SWT, yaitu hari akhir. Salah satu jenis manusia yang mendapatkannya adalah :"Seseorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalannya itu sampai-sampai tangan kirinya tak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya." (HR.Bukhari)
  3. Sedekah memberi keberkahan pada harta. Rasulullah SAW bersabda, "Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya." (HR.Muslim)
  4. Allah SWT melipatgandakan pahala orang yang bersedekah. Allah SWT berfirman : "Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak. " (QS.AlHadid:18)
  5. Terdapat pintu surga yang hanya dapat dimasuki oleh orang yang bersedekah. "Orang memberikan dan menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu pintu dari pintu surga : "Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan". Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan salat, ia akan dipanggil dari pintu salat, yang bersala dari kalangan mujahid, maka akan di panggil dari pintu jihad, jiaka ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah." (HR.Bukhari dan Muslim)
  6. Sedekah akan menjadi bukti keimanan seseorang. Rasulullah SAW bersabda, "Sedekah adalah bukti." (HR.Muslim)
  7. Sedekah dapat membebaskan dari siksa kubur. Rasulullah SAW bersabda, "Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur." (HR.Thabrani)
  8. Sedekah dapat mencegah pedagang melakukan maksiat dalam jual-beli
  9. Orang yang bersedekah merasakan dada yang lapang dan hati yang bahagia. Ada rasa senang,bangga dan dada yang lapang setelah kita memberikan sedekah kepada orang lain yang membutuhkan.
  10. Pahala sedekah terus berkembang. Pahala sedekah walaupun hanya sedikit itu akan terus berkembang pahalanya,hingga menjadi besar. Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya Allah menerima amalan sedekah dan mengambilnya dengan tangan kanan-Nya. Lalu Allah mengembangkan pahalanya untuk salah seorang dari kalian, sebagaimana kalian mengembangkan anak sekor kuda. Sampai-sampai sedekah yang hanya sebiji bisa berkembang hingga sebesar gunung Uhud." (HR.At Tarmidzi)
  11. Sedekah menjauhkan diri dari api neraka. Sesungguhnya sedekah itu walaupun sedikit,memiliki andil untuk menjauhkan kita dari api neraka
  12. Boleh iri pada orang yang dermawan. Iri atau hasad adalah akhlak yang tercela, namun iri pada orang yang suka bersedekah, ingin menyaingi kedermawanan dia, ini adalah akhlak yang terpuji. Rasulullah SAW bersabda, "Tidak boleh hasad kecuali pada dua orang: seorang yang diberikan harta oleh Allah ,kemudian ia belanjakan di jalan yang haq,dan seorang yang diberikan oleh Allah ilmu dan ia mengamalkannya dan mengajarkannya" (HR.Al Bukhari dan Muslim)

No comments:

Post a Comment