Wednesday 23 July 2014

Tantangan seorang muslimah di era moderen

Tantangan seorang muslimah di era moderen
Di setiap zaman, kaum muslim memiliki ujian dan tantangan yang berbeda-beda. Kehidupan pada zaman Rasulullah SAW, belum ditemukan teknologi seperti mobil, televisi, handphone, internet dan sebagainya. Transportasi dan komuikasi masih sangat sederhana

Namun, pada era moderen ini, teknologi berkembang sangat pesat hingga membawa dampak dan pengaruh dalam berbagai aspek kehidupan seperti budaya, tingkah laku, gaya hidup dan fashion.


Hal tersebut menjadi suatu tantangan tersendiri bagi kaum hawa, sehingga mereka perlu berhati-hati dalam mengikuti arus perkembangan zaman.
Berikut ini beberapa tantangan yang perlu dihadapi oleh para muslimah : 

1. Perkembangan Fashion.

Berbagai macam model pakaian wanita yang berkembang saat ini dengan model yang ketat dan bahan yang tipis. Keadaan tersebut merupakan suatu godaan tersendiri bagi seorang Muslimah. Dalam hal ini tekad dan komitmen yang kuat untuk menutup aurat sangatlah penting bagi Muslimah demi menjaga kehormatannya.


2. Perkembangan Teknologi.


Pada saat ini, teknologi berkembang sangat pesat sehingga begitu banyak informasi yang bisa di dapatkan dengan mudah. Tak terkecuali gambar dan filem yang tidak layak untuk disaksikan, seperti foto dan filem dewasa. Hal ini merupakas suatu tantangan bagi kaum Muslimah, dimana kita perlu menjaga pandangan dan menyaring beberapa informasi yang kita terima. Alangkah baiknya jika kita dapat menggunakan teknologi tersebut ke arah positif, seperti berdakwah dan mendengarkan ceramah.


3. Masuknya Budaya Asing.

Masuknya budaya asing tanpa disaring dapat menimbulkan dampak negatif, seperti pergaulan bebas, model pakaian yang tidak enak di pandang dan sebagainya. Sebagai kaum Muslimah, budaya negatif perlu di hindari. Biasakanlah mempraktekkan ajaran Rasulullah SAW dalam kehidupan sehari-hari sehingga kita tetap berada di jalan yang benar.


4. Eksploitasi Wanita.

Tekanan lingkungan dan faktr ekonomi menjadikan wanita berlomba-lomba mencari nafkah sebesar-besarnya. Tanpa disadari, wanita lebih mengutamakan karirnya daripada keluarga. Bahkan ada wanita yang rela menjalani pekerjaan haram demi mendapatkan uang. Keadaan tersebut sangatlah miris sehingga seorang Muslimah perlu memperkuat imannya dan mempertahankan prinsip islam.

5. Aliran yang Menyimpang.

Pada zaman sekarang banyak ditemui paham-paham, aliran, berita yang menyerang pemikiran kita. Dalam menyikapi hal tersebut , para kaum Muslimah perlu wspada dengan adanya ajaran yang menyimpang dari ajara islam. Maka dari itu memperkuat iman dan mempelajari ilmu pengetahuan agama sangatlah penting agar kita tidak tergelincir dalam ajaran yang menyimpang. Mengingat begitu banyaknya tantangan dan fitnah di era moderen ini, maka kaum Muslimah harus mampu menyeleksi perkembangan teknologi dan informasi yang ada. Selain itu kita juga perlu mengamalkan Al-Qur'an dan sunnah yang telah di ajarkan Rasulullah SAW dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan demikian semoga kaum Muslimah dapat menghadapi tantangan di era moderen ini dengan baik dan terhindar dari perbuatan yang tercela atau buruk

No comments:

Post a Comment